MOP : Pendidikan Karakter

12 07 2012

Hari ini, Kamis 12 Juli 2012 adalah hari pertama diselenggarakannya Pra MOP di SMK N 2 Yogyakarta. Masa Orientasi Peserta Didik Baru tahun ini, dari segi waktu pelaksanaannya sedikit berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Jika tahun lalu bisa dilaksanakan 6 (enam) hari sejak hari pertama tahun ajaran baru, tapi mengingat Puasa Ramadhan juga sudah dekat, maka untuk mengantisipasinya, munculah kebijakan Pra MOP yang diselenggarakan mulai hari ini sampai tanggal 14 Juli 2012.

MOP hari ini dimulai pukul 06.30. Waktu yang cukup pagi untuk memulai kegiatan. Tentunya masuk pagi di sini ada tujuan tersendiri, di antaranya adalah menghindari kemacetan jam kerja. Dengan berangkat lebih awal, diharapkan tidak bersamaan jam berangkat kerja. Selain itu, kami ingin mengajak Peserta Didik Baru untuk bersama- sama melatih kedisiplinan, tepat waktu dan menerapkannya diawali dari MOP 2012 ini. MOP yang dulu disebut dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS), banyak dianggap sebagai ajang untuk “perploncoan” dari Kakak Kelas (senior) kepada juniornya. Namun, kami tidak bermaksud untuk melakukan perploncoan seperti itu. Kita lebih memilih untuk memberikan teladan bagi siswa baru, berbagi dengan mereka, bersama- sama berlatih apa itu pendidikan karakter yang nantinya bisa membangun karakter siswa menjadi lebih baik.

Diantara nilai – nilai karakter yang akan diterapkan ini, selain kedisiplinan adalah rasa mencintai/nasionalisme yang diawal dengan mencintai sekolah tempat mereka menuntut ilmu. Untuk itulah, dihari pertama ini diberikan materi pengenalan sekolah. Bertempat di Aula SMK N 2 Yogyakarta, peserta didik baru diberi informasi tentang seluk beluk sekolah, sejarah, struktur organisasinya, sistem pembelajarannya, dsb sehingga sebelum siswa menerima pembelajaran, meraka sudah paham tentang lingkungan sekolahnya.

Tak hanya itu, untuk lebih mengenal sekolah yang nantinya mengantarkan proses belajar mengajar, Panitia juga memberikan materi tentang Mars SMK N 2 Yogyakarta. Lagu penyemangat yang baru-baru ini di-arrangement ulang itu, kini mulai terdengar gaungnya lagi setelah beberapa waktu “hilang”.

Untuk lebih mengetahui sistem pembelajaran seperti apa yang nantinya didapat siswa, maka juga diberikan materi tentang Kurikulum oleh Waka Kurikulum Bapak Drs. Bujang Sabri. Dilanjutkan dengan materi Sarana dan Prasarana oleh Bapak Rohmadi Hidayat, S.Pd., MT., siswa juga diberikan ceramah tentang seluruh fasilitas dan pemeliharaan SarPras yang ada. Diharapakan, tak hanya sekolah atau petugaas kebersihan dll yang ikut merawat sekolah dengan segala fasilitasnya, namun siswa juga turut serta menjaga, memelihara dan merawatnya karena siswa juga yang ikut memakainya.

Selain itu, nilai-nilai ketertiban juga diberikan dalam Diklat Ketertiban melalui ceramah Tata Tertib Siswa oleh Waka Kesiswaan Drs. M. Kharis. Selain materi-materi di atas, untuk membentuk karakter siswa yang beriman dan bertaqwa, diadakan diklat kerohanian melalui bimbingan rohani. Bagi yang muslim dengan solat dzhuhur berjamaah, begitu juga dengan penganut agama lailn, ada bimbingan rohani.

Selamat mengikuti Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) 2012.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: